Minggu, 26 April 2015

Tips Tips Menentukan Venue

Assalamu'alaikum wr wb.

Alhamdulillah..akhirnya sampai juga pada sharing mengenai persiapan wedding.

Saat lamaran kita udh nentuin tanggal untuk akad dan resepsinya yaitu tanggal 06 dan 07 Maret 2015.
yup kita milih akad dan resepsi terpisah karena kita mau lebih hikmad dalam menjalankan akad nikahnya. Maka tercetuslah ide tersebut. Dan alhamdulillah direstui kedua org tua masing-masing.

Sebelumnya sih kita udah survey-survey ga jelas karena belum berani booking gedung. Setelah dapat tanggal, baru deh aku dan cami berani survey lebih mendalam.


Sebelum kita booking dan survey gedung, ada baiknya kita catat dn diskusikan dulu hal hal sebagai berikut:

1. Jumlah Undangan yang akan disebar / Tamu yang akan datang
Jumlah undangan berpengaruh sama gedung yang akan kita pilih. karena kita tidak bisa memaksakan dong untuk gedung 400 undangan terus undangan yang kita sebarkan 500 undangan. Bisa kalah pasar kaget itu mah, bahaya deh.

2. Budget untuk Sewa Gedung
Ini sensitif banget lohhh...harus di anggarkan bener-bener masalah ini karena banyak yang sudah terjadi budget kita sekian tapi karena gengsi ga ketulungan akhirnya over budget dan pusingnya bukan main (pengalaman teman-teman saya, alhamdulillah aku ga)


3. Lokasi
Ini yang paling penting, lokasinya dimana? kira-kira terjangkau ga sih sama tamu undangan? kondisi jalan menuju ke gedung tersebut bagaimana? sulitkah? macet kah?. Karena ini menyangkut banyak orang. Jangan sampai tamu undangan muter-muter karena ga tau lokasinya dimana atau bermacet-macet ria dijalan.

4. Parkiran
Ini juga penting, pastikan parkiran gedung yang mau kita sewa cukup untuk menampung semua tamu yang datang atau paling tidak 3/4 dari tamu yang akan datang, baik parkir motor atau pun mobil. Juga pastikan keamanannya.

5. Lain-lain
Karena aku waku itu pakai adat Minang jadi aku cari gedung yang luas dan ceilingnya tinggi agar bisa pakai bagonjong (kepuasan tersendiri).

Banyak tanya pada pengelola gedung mengenai Rekanan, Biaya Charge, dan printilan - printilan lainnya karena ditakutkan harga tidak sesuai dengan yang tercantup (banyak tambahan dan Chargenya).

Dan yang paling penting adalah diskusikan segala seuatu dengan orang tua, jangan sampai saat kita sudah menjatuhkan pilihan pada sesuatu dan sudah melakukan pembayaran tetapi salah satu orang tua kita sedikit keberatan akibatnya bisa fatal. selain rugi dalam materi, rugi waktu dan itu menyebabkan perasaan yang tidak enak pada masing masing dari kita. ^^ pokonya pake retus orang tua aja deh

Nah sekian share dari saya, untuk cerita suka duka kami dalam memilih dan survey gedung akan saya share pada tulisan berikutnya.. kalo mau tau sekilas rasanya... ituuuu nikmat banget hiks hiks... sampe susah tidur dan makan..

Selamat berjuang Calon Penganting. Semoga bermanfaat.

Wassalam,

1 komentar:

  1. venue paling banyak jadi topik favorit penulisan. sering dibahas berkali-kali, sama seperti katering dan rias....

    nah...untuk pemilihan dokumentasi...sering terlupakan. masih lumayan sih ini akhirnya ada review :) tapi "Lupa" gmn dulu nemuin vendor dan akhirnya milih beliau. hehehe

    BalasHapus