Selasa, 22 Januari 2019

PERJALANAN MENJADI SEORANG UMMI - PROMIL (HSG SESSION)

HSG - hysterosalpingography

Assalamu'alaikum, 

Nah disini bagian cerita pengalaman saya saat melakukan HSG

hysterosalpingography atau HSG. Prosedur ini memungkinkan dokter melihat struktur rahim dan tuba falopi Anda melalui X-ray. HSG sering dilakukan untuk mencari tau penyebab infertilitas.

Di RS Ananda Bekasi, untuk Tindakan HSG harus ada Appoinment dulu yaa.
Nah, saya ambil Jadwal HSG pagi hari sebelum berangkat kekantor. 

Sambil nunggu persiapan dokternya saya diberi obat untuk diminum, katanya sih obat untuk mengurangi nyeri. Ga ada yang bikin deg-degan waktu awal nunggu. sampai akhirnya saya di panggil untuk masuk ke ruangan. Suami saya disarankan menunggu di ruang tunggu. 

setelah masuk saya disuruh mengganti pakaian saya dengan pakaian yang disediakan oleh RS macem mau di Rontgent gtu, jadi hanya pakai sehelai baju itu aja. 

Dan saya disuruh berbaring dengan kaki terbuka, (wiiihhhhh.... macem kek mau lahiran ini - padahal belum pernah ngerasain lahiran haha).  diatas tempat tidur ada lampu besar yang bisa di geser sana sini, kaya lampu operasi gtu.Tetapi ternyata ini Kamera Rontgent guys, (baru tau saat tindakan).

Nah, setelah posisi sudah Ok. 
baru deh dokter dan perawat memulai aksinya, dan penderitaan saya berawal dari sini. hikkss....
apa aja sih yang dibawa saya dokter, ini sepenglihatan saya yaa:
1. Spekulum kek macem Cocor Bebek gtu, 
2. Selang kateter
3. Cairan (yang akan disemprotkan ke dalam Rahim kita nanti)
4. Kapas, Perban, Betadine
5. dan masih banyak lagi ... 

nihh aku kasih picture selang yang nantinya bakal ditaruh kedalam Rahim dan dikunci (yang kaya pentil sepeda itu). itu rasanya yaa Allah, Cukup Sekali T_T

 

Jadi begini cerita proses yang Saya alami yaa.
1. Kita disuruh berbaring dan membuka kaki (macem mau di Transvaginal)
2. Saat kita disuruh Buka Kaki kita, Dokter akan mengolesi vagina kita dengan cairan (entahlah namanya apa)
3. Dokter membuka Vagina dengan menggunakan Spekulum (cocor bebek) lalu membersihkan bagia dalam dengan betadine
4. Masih dengan vagina terbuka oleh spekulum selang kateter (orange) dimasuk dan dikunci (katanya sih) dimulut rahim kita.
5. Setelah terkunci, baru deh dokter memberikan cairan kontras kedalam vagina melalui selang. 
6. Dan saat yang bersamaan dokter melakukan foto/ rontgent menggunakan lampu besar yang di atas kita (nah baru tau pas disini)
6. ketika semua beres, dokter membersihkannya dengan perban dan betadine. 

Oh ya jangan lupa bawa pembalut yaa, karena kita akan mengeluarkan darah seperti Haid.

nah detailnya seperti ini 
Sumber : https://bocahradiography.wordpress.com/2012/05/22/teknik-pemeriksaan-radiografi-histerosalpingografi-hsg/


Rasanya apa?

Yaa allah, Taubatan Nasuhaa, rasanya luar biasa T_T 
ditambah, selang saya lepas mulu jadinya berkali kali di pasang. 
jadi saya gatau itu berapa kali disemprotkannya.
atanya sih 2 kali aja untuk yang kiri dan kanan.
tapi udah ga berasa lagi soalnya sakit banget T_T
Sampai menggigil kedinginan dan kesakitan,
dan Cukup insyaallah ga mau lagi hiks...

Biayanya:

Paket HSG di RS Ananda Bekasi -/+ Rp. 900.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar