Selasa, 22 Januari 2019

PERJALANAN MENJADI SEORANG UMMI - PROMIL (SES I)

Assalamu'alaikum,

Ini adalah bagian dari hasil tulisan saya yang berjudul Review Obgyn

Kita cerita dari awal yaa say,

Nahhh setelah dari Dr. Basuki di RS Ananda Bekasi kemarin, jadilah saya lebih banyak berdoa dan enjoy. Usaha? jangan ditanya segala cara dan saran dari teman atau hasil googling pun sudah saya coba. << (bulan pertama usia pernikahan yaa guys) hahaha.. ngebet kan gw.

Bulan kedua usia pernikahan, masih santai.
Bulan ketiga usia pernikahan, masih agak santai.
Bulan ke empat usia pernikahan mulai cemas karena melihat banyak teman se-usia saya baru nikah sudah langsung hamil.
Bulan ke lima usia pernikahan, mulai GALAU makin banyak yang nyinyir dan makin banyak yang enteng rahangnya.


Emang udah coba apan aja?
Minum obat? udah guys,
- Makan Kurma Muda,
- Minum  Bubuk Kurma yang rasanya aduhaaiii
- Minum Madu penyubur
- Minum Folavit sampe enek
- Makanin buah kiwi sampe bosen,
- Minum susu Prenagen sampe melar, 
- Jaga makanan, ga makan Durian, ga makan daging Kambing, ga makan Bakar-bakaran. nah cem udah positif hamil kan?

Waktu berhubungan gayanya kaya apa?
wwewdeeeeeww segala macem gaya udah dicoba, tapi apalah daya kalau Allah bilang belum yaa belum heee....


Sampai akhirnya genap 6 bulan usia pernikahan kami. Dan saya belum ada tanda tanda kehamilan. Modal Googling tanya sana sini mengenai Obgyn yang bagus, akhirnya kami menemukan mu... EEAAA...

Dr Andon, yes jadi labuhan kami untuk melakukan pemeriksaan keseluruhan. apakah ada masalah di kami berdua?

Seperti tulisan saya sebelumnya, Daftar untuk konsultasi dengan beliau 1 minggu sebelumnya. Datang harus lebih cepat karena nomor urut untuk masuk ke ruangannya berdasarkan kedatangan huft...
untung aja ruang tunggunya nyaman, jadi Dr. Andon ada nya di poli executive RS Hermina Jatinegara. kurang lebih ini deh pict. pokonya banya Sofa dan empuk hahhaa...

Image result for ruang tunggu poli executive hermina jatinegara

Ok, konsultasi pertama kami dengan beliau.
Sambil nunggu di panggil sambil nge-teh (geratis guys) dan ngunyah cemilan yang dikasih.
"Ibu Jihan" panggil suster. saya dan suami bergegas ke ruangan dokter.
D = Dokter
J = Saya
A = Suami

J - A: Malam dok
D: ada apa ni?
J : dok mau periksa, saya mau Hamil
D: Berapa usia pernikahannya?
J : 6 bulan.

sambil bertanya dan sambil mencoret-coret buku konsultasi saya.
D: Yuk, periksa.

saya langsung di cek menggunakan transvaginal.


D: "Bagus, semuanya bagus kok, OK"
A: "Ahamdulillah"
kembali ke Meja
D: "Hasilnya bagus, langsung saya kasih rekomendasi untuk HSG yaa, nanti dari situ kelihatan ada sumbatan ga di mulut rahimnya"
J : "iya dok, emang dari USG ga bisa terlihat yaa"
D: "gini neng, mas...
langsung ambil alat peraga berupa gambar dimeja. gambar rahim wanita, dan menceeritakan perjalan sperma dan menginformasikan mengenai kendala yang sering terjadi pada Rahim.
D: "jadi di HSG dulu, dari situ kita bisa rencanakan tindakan selanjutnya ya"
J : "oh begitu dok"

D: "nanti kalo sudah ada hasilnya baru kesini lagi ya"
J : "iya dok, terima kasih."
D : "jangan makan Junk Food, Makan makanan yang sehat, Rajin Olahraga yaa. banyak minum Jus Buah dan Makan sayuran"

Yaah kurang lebih begitu percakapan saat konsultasi. Aslinya mah banyak banget yang saya tanyakan, namun saya lupa hahhaa... karena saya tipikal orang yang ga mau rugi. Bayar mahal, nunggu lama masa di dalem cuman bentaran.

setelah mendengar saran dokter, mulai lah saya hidup sehat. Nah ketauan deh hidupnya ga sehat haha..

Sabtu Minggu saya lari Pagi, 
Kebetulan kantor saya daerah Thamrin dan PP naik CRL, jadi setiap hari saya jalan dari St Gondang Dia ke kantor atau sebaliknya. (lumaayaan olahraga sambil ngirit hhee).
terus sering minumJus APEL, TOMAT, WORTEL.
Mulai STOP makan Junk Food.



Dan, saya juga cari info mengenai HSG di beberapa rumah sakit.
dan saya akhirnya memutuskan melakukan HSG di RS Ananda karena dekat dengan rumah orang tua kami.
Apa itu HSG dan bagaimana ceritanya ada ditulisan berikut yaa guys.

Setelah melakukan HSG di RS Ananda, kami kembali bekerja seperti biasa. dan Hasilnya dapat diambil 1 minggu setelah dilakukan pemeriksaan.

Satu minggu berlalu, efek HSG kemarin masih berasa. iyaaa perut kita mules guys abis di HSG. Hasil sudah ditangan kami dan kami pun sudah daftar untuk konsultasi Prof Andon.

Seperti biasa, pulang kerja kita ke RS Hermina Jatinegara,
Menunggu, berharap pasien ga ada yang datang jadi saya bisa masuk duluan. hahahaa

Diruangan Dokter pk. 21.00 WIB

D: "Malam .."
A: "Malam Dok,
J :   Langsung duduk (maaf dok ga sopan hahaa)
D: "gimana?"
J :  "ini hasil HSG nya dok"
D:  terima hasilnya, nyalahin lampu khusus  untuk lihat hasil HSG dan fokus baca
"kok aneh yaa, ini di gambarnya cairannya masuk, tapi kok di analisanya ada sumbatan kiri dan kanan"
J : "ada apa dok?" takut dong eike.
D: "Jadi gini, (arahin hasil HSG ke kami dna menggunakan pulpen sbg alat bantu menunjukkan apa yang diinformasikan ke kami) ini rahim ibu,.. ini cairan yang disemprotkan. digambar ini terlihat cairan yang disemprotkan masuk ke rahim kiri dan kanan. tetapi di analisa dibilangnya tersumbat. kalau terseumbat mah ini ga masuk"
A: "jadi ada sumbatan atau ga?"
D: "Harusnya mah ga ada"
J : "terus?"
D: (terlihat bingung) "gini aja, buat yang terbaik kita lanjut ketahap berikut yaa..."
A: "apa dok?"
D: "Kita lakukan tindakan Diatermi yaa. Diatermi itu ibu di hangatin dengan sinar, agar sumbatannya hilang"
J: "ohh gtu dok, itu apa dok?"
D: "penyinaran, ga sakit kok. Selama seminggu setelah Haid, ga boleh putus yaaa, boleh di RS mana aja ada"
Saya dan suami mengangguk. lalu Prof Andon membuat surat rekomendasi untuk saya melakukan Diatermi.

Langsung saya cari info mengenai Diatermi, oalaahh ternyata Diatermi itu sama aja seperti fisiotherapy. Oke kita pilih di RS Ananda (Again) karena dekat rumah, pulang kantor bisa langsung cuss...

Cari jadwal di RS Ananda, dan ternyata mesti Konsultasi dulu dong sama dokter yang menangani ini. yaa gapapalah, akhirnya kami daftar utl konsultasi dulu. namanya Dr. An**a (maaf saya samarkan habis ga welcome dokternya T_T)

Saat saya bawa surat rujukan prof Andon ke Beliau membaca dan beliau bilang
"ini hasilnya apa yaa?"
saya menceritakan sedikit, lalu beliau bilang "ohh, kalo itu ga bakalan bisa punya anak" sambil senyum sinis (kalo sepenglihatan saya)

Hati rasanya kaya kesamber petir, jahara banget sihh kamu dok. memang tuhan apa yang bisa mengklaim seperti itu. 

saya terdiam dengan mata berkaca-kaca.

"oke yuk," beliau menyuruh saya berbaring dan memeriksa saya. ditekan perut saya.
"ini sakit? ..." saya geleng
"yang ini?" ngga dok.`


"oke cukup" katanya, "jadi ini harus di sinar ya, seminggu setelah Haid, tidak boleh putus disini mesti 10x/ 10 hari penyinaran"
saya mengangguk,

agak malas untuk melanjutkan pemeriksaan ini karena sambutannya begitu jahat, tapi demi mendapatkan keturunan.

Setelah konsultasi, saya langsung diberi jadwal oleh perawatnya untuk melakukan Diatermi selama 10 hari berturut-turut.

Dan saya memilih memulai besoknya untuk dilakukan Diatermi. 

Cek Postingan HSG dan Diathermy di Blog saya yaaa


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar